18.1.18

Cara GRATIS Membuat Alamat Email Dengan Custom Domain



Saya berteman dengan banyak blogger baik di dunia maya maupun di dunia nyata. Meskipun mereka ngeblog di self-hosted wordpress dengan nama domain mereka sendiri, tenyata sebagian besar dari mereka masih menggunakan alamat email @gmail atau @yahoo untuk berkorespondensi.

Apa salahnya dengan alamat email tersebut? Gak ada salahnya sih. Hanya saja sayang, potensi dari nama domain mereka tidak digunakan dengan maksimal. Karena nama domain itu adalah brand kita di dunia maya, jadi apa salahnya mempromosikan brand kita sendiri saat berkorespondensi, dari pada mempromosikan brand orang lain?

Keuntungan menggunakan alamat email dengan custom domain, kita akan terlihat lebih profesional, sekaligus mengesankan bahwa kita serius dengan blog atau bisnis kita (meskipun ngeblognya masih males-malesan kaya saya ini). Misalnya, saya menggunakan alamat email admin@kopipagi.com dan info@kopipagi.com untuk blog ini.

Keuntungan yang lain adalah kita bisa memilih alamat email yang kita kehendaki tanpa batasan. Tentu sangat berbeda dengan saat kita mendaftar akun email di Gmail atau Yahoo, di mana alamat email yang kita kehendaki ternyata sudah dipakai orang, sehingga kita menggunakan kombinasi karakter yang aneh-aneh, misalnya budi0n0_77b@yahoo.com :)






Banyak cara untuk membuat alamat email dengan custom domain, baik yang berbayar seperti Google GSuite atau Microsoft Office 365, atau yang gratis seperti memanfaatkan server blog kita sendiri. Kalau kamu mempunyai akses ke webhosting CPanel, maka kamu bisa membuat akun email dengan sangat mudah.

Sayangnya server webhosting punya banyak kelemahan, khususnya saat dipakai untuk mengirim email. Menurut pengalaman saya, email yang dikirim dari webhosting macam ini selalu masuk ke spam folder di Gmail/Hotmail saya. Jadi saya gak merekomendasikan bikin akun email via CPanel.

Tapi tenang saja, masih banyak perusahaan yang menyediakan akun email dengan custom domain dengan gratis. Salah satunya adalah Yandex.com. Apa itu Yandex? Menurut Wikipedia, Yandex adalah perusahaan multinasional yang bermarkas di Rusia. Yandex mengoperasikan search engine yang paling banyak digunakan di Rusia. Singkat kata Yandex adalah saingan terberat Google di Rusia.

OK, itulah sekilas tentang Yandex. Selanjutnya yang lebih penting adalah bagaimana caranya membuat akun email dengan custom domain di Yandex. Warning: Jika kamu belum paham dengan cara kerja DNS (Domain Name System), sebaiknya percayakan langkah-langkah berikut pada orang yang sudah paham.

Berikut langkah-langkah membuat email dengan custom domain di Yandex:

  1. Buka https://passport.yandex.com/. Login jika sudah punya akun Yandex, atau klik "Registration" jika belum punya. Isikan data-data yang diperlukan.

    Yandex Registration


  2. Setelah membuat akun Yandex, login dengan akun tersebut. Lalu buka https://domain.yandex.com/. Isikan nama domain kita, lalu klik "Connect Domain".

    Connect Domain


  3. Langkah berikutnya adalah verifikasi domain. Ada beberapa cara yang ditawarkan, antar lain membuat CNAME Record di domain kita, atau mengupload file dengan nama tertentu dengan isi teks sesuai perintah. Karena membuat CNAME Record itu butuh waktu propagasi untuk dikenali, maka saya sarankan untuk memilih untuk mengupload/membuat file di root directory blog. Ini dapat dilakukan dengan mudah melalui File Manager di CPanel.

    domain verification


  4. Setelah verifikasi domain berhasil, langkah selanjutnya adalah men-setup MX Record domain kita menuju ke mx.yandex.net. Ini bisa dilakukan melalui domain manager di registrar di mana kita mendaftarkan domain kita (jika kita hanya mengarahkan A Record ke Webhosting), atau juga bisa dilakukan di CPanel (jika kita mengarah name server ke webhosting).

    Setup MX Record


  5. Setelah verifikasi MX Record berhasil (biasanya butuh waktu propagasi), kini saatnya kita membuat akun email. Misalnya admin@namadomainkamu, tentukan juga password yang kamu inginkan.

    Create Email Account


Selesai. Kamu sekarang punya alamat email dengan custom domain. Sebenarnya masih ada beberapa konfigurasi lain yang dapat dilakukan, tetapi itu optional (boleh tidak dilakukan).

Untuk mengakses email baru kamu, logout dulu dari akun Yandex saat ini, lalu buka https://mail.yandex.com/. Masukkan alamat email dan password yang baru.

Cobalah untuk mengirim email dari dan ke alamat email yang baru tadi untuk memastikan bahwa akun email baru tersebut sudah bekerja dengan benar. Semoga berhasil!




0 komentar:

Posting Komentar